Friday, January 31, 2014

Macam-macam Batu Menurut Pengetahuan Geologika



 Andesit
Batuan ini berasal dari pembekuan magma di dekat atau di atas permukaan bumi, karena itu sering disebut batuan beku luar. Kegunaan andesit antara lain untuk bahan bangunan dan fondasi jalan. Dalam masyarakat andesit sering disebut batu gunung. Keberadaannya dapat berupa batuan gunung maupun bongkah-bongkah batuan sungai.


 Batu Gamping
Batu gamping oleh ahli-ahli geologi digolongkan sebagai batuan sedimen. Cara terbentuknya di alam dibedakan menjadi tiga yaitu terbentuk secara organik, mekanik dan kimiawi. Batu gamping organik contohnya adalah gamping terumbu. Batu gamping mekanik contohnya adalah gamping klastik dan batu gamping kimiawi contohnya adalah gamping kristalin. Di alam yang sering dijumpai adalah batu gamping trumbu yang berasal dari endapan kerang, siput, foraminifora dan ganggang. Kegunaan batu gamping antara lain untuk bahan baku semen, bahan campuran dalam industri kertas, kosmetik dan industri kimia, juga dapat digunakan sebagai bahan bangunan untuk fondasi dan pengeras jalan. Khusus batu gamping yang keras dan pejal akibat pembebanan atau kontak dengan magma dapat dipoles menjadi marmer.

 Batu Lempung
Batu lempung merupakan jenis batuan sedimen yang berasal dari rombakan batuan lain yang mengalami transportasi dari tempat asalnya kemudian terendapkan di suatu tempat dan mengalami proses perkerasan /pembatuan. Ciri umum dari batuan sedimen ini biasanya berlapis. Batu lempung dibedakan dari sedimen lainnya (batu pasir misalnya) antara lain dari ukuran butiran batuan penyusunannya yang berukuran "lempung". Di alam batu lempung banyak jenisnya, antara lain kaolin, bentonit, zeonit dan lain-lain. Setiap jenis batu lempung memiliki kegunaan tersendiri.

 Batu Mulia (Kalsedon) Permata Kornelia
Batu mulia adalah semua jenis batuan / mineral yang dapat digunakan sebagai bahan baku untuk perhiasan (cincin, mata kalung, dan lain-lain) dan bahan dekorasi. Batu mulia ini karena mempunyai sifat-sifat fisik tertentu yang khas terutama warna dan kekerasannya sehingga dapat dibentuk dan diproses benda perhiasan dan dekorasi.

 Batu Sabak
Batu sabak oleh ahli-ahli geologi dimasukkan kedalam jenis batuan metamorf atau batuan yang mengalami malihan. Batuan ini awalnya berasal dari batuan sedimen dari jenis lempung, karena mengalami pembebanan maka terjadi proses "metamorfisme" yaitu perubahan tekstur dan komposisi mineralogi batuan tanpa melalui fase cair. Kegunaan dari batu sabak ini antara lain sebagai bahan campuran dalam industri semen, papan tulis dan panel instrumen listrik.

 Batubara
Batubara berasal dari tumbuh-tumbuhan yang tertimbun dalam tanah selama ratusan bahkan ribuan tahun. Awalnya batuan tersebut menjadi gambut kemudian berangsur-angsur menjadi lignit, bituminous dan antrasit akibat pembebanan yang terus menerus atau terpengaruh oleh suhu magma yang ada di sekitarnya. Urutan-urutan jenis batubara tersebut menggambarkan tingkat kualitas batubara mulai yang rendah hingga yang paling tinggi. Kegunaan batubara adalah sebagai sumber energi terutama di abad-abad mendatang, batubara akan sangat penting artinya sebagai sumber energi alternatif menggantikan minyak dan gas bumi yang semakin menipis cadangannya. Batubara juga diharapkan dapat dipakai untuk memenuhi kebutuhan energi rumah tangga melalui pemakaian briket batubara.

 Belerang
Belerang banyak digunakan untuk industri kimia (pembuatan asam sulfat), cat, karet, bahan peledak, pupuk pertanian, industri gula (proses sulfinasi) dan industri obat-obatan.

 Bijih Timah Hitam
Timah hitam adfalah salah satu logam dasar yang kegunaannya antara lain sebagai salah satu komponen pembuatan accu, pembuatan peralatan laboratorium kimia yang tahan terhadap korosi, sebagai logam campuran untuk pelapis kabel listrik serta digunakan untuk peluru berburu serta olahraga menembak, serta berbagai keperluan lainnya. Pada umumnya timah hitam terdapat pada zona batuan granit yang umumnya mengandung pirit spalerit, khalkopirit dan galena. Bahan ini banyak digunakan dalam kegiatan industri seperti bateri, pembungkus kabel, amunisi, refining minyak dan karet, industri kimia.

 Briket Batubara
Briket batubara adalah bahan bakar yang berasal dari batubara yang telah dikarbonisasi kemudian batubara tersebut dihaluskan dan dibuat briket setelah dicampur dengan lempung dan bubur kanji (menjadi adonan yang siap dicetak menjadi bentuk telur atau silinder). Briket batubara diharapkan dapat menjadi bahan bakar pengganti minyak bumi untuk rumah tangga, retoran, kedai kopi dan industri kecil.

 Dalomit
Dalomit adalah senyawa Karbonat Icembar Kalsium Magnesium. Umumnya dalomit selalu berasosiasi dengan batu gamping. Dalomit sering digunakan untuk bahan refrektori dalam tungku permanen atau tungku pencair, sebagai pupuk pertanian, pengatur keasaman tanah. Dalomit juga digunakan sebagai bata tahan api, katalisator pemurnian besi industri kertas, industri kaca (gelas), bahan pengisi, bahan baku pembuatan tegel/traso/ubin, industri keramik, penjernih air (pengikat SiO2) dan sebagai bahan campuran makanan ternak.









Sumberku : museum.acehprov.go.id