Wednesday, January 29, 2014

Beberapa Macam Jenis Bebatuan Termasuk Batu Perhiasan


BATUAN
Batuan tersusun dari bingkahan keras 1 jenis mineral atau lebih. Proses batu terjadi secara alamiah dan membentuk lapisan kulit bumi. Tanah adalah batuan dalam bentuk bubuk yang tercampur dengan bahan-bahan organik dari tumbuhan dan binatang. Para ahli geologi menggolongkan batuan dalam 3 kelompok penting yaitu
1. batu beku
2. batu endapan
3. batu metamorfis.
Menurut cara batuan itu terbentuk. Jenis batuan yang berbeda terdiri dari mineral yang berlainan pula.



BATU BEKU
Batu beku adalah salah satu dari 3 golongan utama batuan. 2 golongan batuan yang lainnya adalah batuan endapan dan batuan metamorfik. Batuan beku terbentuk dalam dua cara yaitu air yang disebut magma lambat laun dapat mengeras di dalam bumi lalu menjadi batuan beku seperti granit. Magma dapat juga muncul kepermukaan bumi. Ini disebut lava atau lahar, yang cepat mengeras menjadi batuan beku seperti basal. Hal ini terjadi bila gunung berapi meletus. Batuan beku tergolong batu tertua, terkuat dan terkeras di bumi ini. Granit adalah jenis batuan beku yang umum terdapat di bumi. Ada gunung yang seluruhnya terdiri dari granit saja. Susunan granit keras dan kasar, sehingga sangat baik untuk bahan bangunan. Obsidian, basal, dan batu apung adalah batuan beku yang berasal dari lava. Obisidian adalah batu keras, licin dan mengkilat. Kelihatannya seperti kaca hitam. Basal berwarna kelabu tua sampai hitam. Batu apung banyak berlubang dan rupanya seperti batu karang. Batu apung digiling menjadi tepung untuk bahan pembersih dan penggosok.

BATUAN ENDAPAN

Batu endapan adalah salah satu dari tiga golongan utama batuan. Kebanyakan batuan endapan terbentuk berlapis-lapis. batuan endapan menutupi sekitar tiga perempat bagian permukaan bumi.
Batuan endapan terdiri dari kepingan-kepingan kecil batuan yang lebih tua seperti batu pasir dan serpih, batuan endapan terbentuk sekitar glister, es, air dan gaya berat mengikis serta memindahkan butiran dan pecahan batuan lain. Dalam jangka waktu yang lama terbentuklah lapisan-lapisan batuan endapan. Batuan endapan terjadi juga bila lumpur, tanah liat, atau pasir terkumpul sebagai lapisan endapan pada dasar sungai dan laut. Bila bahan ini mengeras, akan terjadi batuan endapan yang sering terjadi bila kerangka binatang laut tidak bertulang belakang bertumpuk pada dasar lautan dan dibawah tekanan mengeras menjadi batuan.

 

BATUAN METAMORFIS
Batuan metamorfis adalah batuan yang mengalami perubahan akibat panas dan tekanan yang luar biasa. Perubahan ini biasanya berlangsung dalam kerak bumi. Bila suatu benda mengalami proses metamorpis, bentuk dan rupanya akan berubah, unsure-unsur dalam batuan biasa tersusun kembali atau rupa batuan itu berubah. Kadang-kadang bentuk permukaan batuan itu berubah pula. Pualam, batu sabak, dan serpentin adalah contoh-contoh batuan metamorpis. Batu bara keras, yang disebut anarsit, terbentuk dari batu bara lunak yang mengalami tekanan kuat sekali.
BATU AKIK
Batu akik adalah sejenis batuan yang berwarna indah dan cemerlang. Batuan ini terbentuk dari bahan galian yang disebut kuarsa. Banyak lagi batu permata yang berasal dari kuarsa seperti batu Nilam dan onyx. Akik terbentuk dalam lubang atau retakan batuan yang sebesar kacang polong. Namun ada juga Akik yang lebarnya lebih dari 61cm, biasanya akik terdiri dari gelang-gelang beraneka ragam. Akik dipakai untuk membuat kelereng mainan anak-anak. kini penggunaan akik yang terutama adalah untuk membuat berbagai benda, misalnya dasar lampu.


BARANG PERHIASAN
Barang perhiasan adalah benda hias yang dibuat untuk dipakai pada tubuh seseorang. Perhiasan dapat berupa gelang, kalung, anting, cincin, peniti/hasan untuk rambut. Barang perhiasan dapat dibuat dari berbagai bahan. Pada zaman purbakala perhiasan dibuat dari benda biasa seperti biji, kulit kerang dan gigi hewan. Setelah ditemukan emas, perak, dan batu permata, orang mulai memakai bahan-bahan berharga ini untuk membuat perhiasan. Orang mesir memakai emas, batu pirus dan batu permata lain untuk perhiasan mereka. Kini barang perhiasan dibuat dari logam mulia dan batu permata atau bahan-bahan kurang berharga.


BATU BAIDURI
Baiduri adalah mineral yang terbentuk dari silica. Baiduri murni paling berharga untuk digunakan sebagai batu permata. Bila baiduri diarahkan ke sumber cahaya, akan tampak kilatan cahaya berwarna terang. Yang paling berharga ialah yang berwarna merah, biru, atau hijau. Baiduri murni ditemukan di Australia, Cekoslowakia, Meksiko, Honduras dan Amerika Serikat. Baiduri yang tidak menampakan kilatan cahaya pelangi disebut Baiduri biasa. Baiduri biasa warnanya coklat, putih, dan kuning. Baiduri api cahaya, berwarna Orange dan kadangkala tidak memperlihatkan warna Lain. Pernah Baiduri dianggap membawa nasib buruk karena dapat retak dengan tiba-tiba. memang baiduri akan retak pada iklim kering, saat kehilangan sebagian air yang dikandungnya. Baiduri ditemukan di celah dan lubang-lubang pada batuan. Sering ditemukan dalam bentuk beku yang terbentuk oleh gunung berapi yang aktif. Ada Orang yang telah menemukan baiduri dalam ukuran besar. Pada tahun 1970 di Australia ditemukan baiduri besar yang beratnya lebih dari 6.843 gram. Baiduri ini di belah dua dan dijual seharga lebih dari $1juta.“ BAIDURI ADALAH BATU KELAHIRAN BAGI MEREKA YANG LAHIR BULAN OKTOBER”


BATU GIOK
Batu giok adalah batu berharga yang keras dan warnanya sangat indah. Bahan ini dibuat barang perhiasan/diukir menjadi barang seni. Giok sebenarnya terdiri dari dua jenis mineral jadeit dan nefrit. Batu ini biasanya berwarna hijau jamrud atau putih dan lebih keras daripada nefrit. Jadeit yang hijau jamrud lebih disukai untuk perhiasan dan benda ukiran. Jadeit kebanyakan berasal dari Burma.Nefrit biasanya berwarna hijau, putih, atau kuning. Bahan ini ditemukan di Selandia Baru. Namun dijumpai juga di Alaska, Wyoming dan Meksiko. Orang Indian Aztek dari Meksiko menyangka Nefrit yang mereka temukan lebih bernilai dari emas. Orang Maori, penduduk asli Selandia Baru, mengukir bentuk-bentuk aneh pada batu nefrit. Selama lebih dari 3000 tahun, orang cina membuat ukiran dan perhiasan dari batu Giok. Orang cina mula-mula menemukan befrit di Asia Tengah. Sejak 1700-an mereka mengolah giok dari Burma. Batu giok sangat keras sehingga sukar diukir dan sebuah ukiran baru selesai dikerjakan selama bertahun-tahun.


BATU GRANAT
Batu granat adalah sejenis batu permata. Batu granat yang paling terkenal warnanya merah darah, namun, ada juga yang berwarna cokelat, kuning putih, hijau, dan hitam.
Seperti intan, batu granat pun bening dan tembus cahaya. Namun batu ini tidaklah sejarang batu permata lain. Seperti intan dan batu delima.
Oleh karena itu batu granat dinamakan batuan setengah berharga.
Batu granat adalah bahan galian dan ditemukan dalam batuan diseluruh dunia. Tambang batu granat terbesar didunia terdapat di pegunungan Gore, New york.
Dahulu kala orang memakai kalung dari batu Granat untuk mengusir roh jahat. Batu granat warna merah darah dianggap dapat melindungi seseorang dari terluka dalam pertempuran. Sekarang batu granat dipakai pada macam-macam perhiasan dan dalam pembuatan arloji. Batu granat juga dipakai untuk membuat kertas granat, yaitu semacam amplas yang dipakai melicinkan permukaan benda-benda kasar.


BATU NILAM
Nilam adalah batu permata. Batu-batu nilam merupakan jenis korundum, yaitu mineral yang sangat keras, yang terutama terdiri dari oksida alumunium. Batu nilam hanya dapat digores oleh intan, permata yang terkeras. Mirah delima pun salah satu jenis korundum.
Batu nilam berwarna biru, hijau, merah muda, putih, kuning, atau keemas-emasan. Biasanya yang disebut nilam adalah warna biru. Warnanya berkisar dari biru muda hingga biru tua. Nilam yang berwarna lain disebut nilam kuning, nilam ungu, dan sebagainya.
Nilam bintang tidak tembus cahaya, warnanya biru dan mempunyai enam berkas sinar yang memantulkan cahaya dengan gambaran bintang.
Nilam biru dan nilam bintang adalah batu nilam yang paling berharga. Yang paling indah berasal dari Kashmir, India. Warnanya disebut biru Kashmir.
Selain untuk barang perhiasan, batu nilam dipakai juga pada industri untuk berbagai keperluan.
Misalnya, dalam alat-alat optik dan listrik. Para ahli berhasil membuat batu nilam tiruan. Tetapi mereka tidak dapat meniru nilam Kashmir yang indah sekali.


BATU PIRUS
Batu pirus adalah permata yang buram. Batuan ini banyak terdapat di bagian barat daya Amerika Serikat, Meksiko dan Timur Tengah. Pirus ditemukan dalam bongkah-bongkah kasar, yaitu kerak atau lapisan-lapisan pecahan batuan. Warnanya bermacam-macam dari abu-abu kehijau-hijauan hingga biru terang, campuran tembaga membuatnya biru, sedangkan besi memberinya warna kehijau-hijauan. Batu pirus yang berwarna biru terang banyak berpori dan bila kena panas sinar matahari atau kena debu, sering berubah jadi hijau. Orang-orang Aztek, Inka, Mesir, Persia, dan orang Indian bagian barat daya Amerika sangat menghargai batu pirus dan memasangnya pada barang perhiasan. Mereka percaya bahwa pirus mempunyai kekuatan gaib.


sumberku : lawu-hadiningrat.blogspot.com