Tuesday, January 28, 2014

Pink Star berlian termahal di Dunia





Berlian sebesar buah plum berwarna merah muda yang dikenal dengan sebutan "Pink Star" memecahkan rekor batu hias termahal di dunia yang pernah dilelang. Berlian itu laku terjual seharga US$ 83,2 juta.


Berlian tersebut laku terjual dalam lelang yang digelar balai lelang Sotheby di Jenewa, Swiss pada November 2013 lalu. Setelah lima menit dilelang, Komisaris Sotheby divisi perhiasan untuk wilayan Eropa dan Timur Tengah, David Bennett, mengetuk palu dan memilih satu pemenang di antara empat penawar.

Pemenang lelang berlian itu adalah pria berumur sekitar 60 tahunan, berjanggut lebat dan memakai topi Yahudi. Ia berhasil mengalahkan penawar lain via telepon yang berbicara memakai bahasa mandarin diterjemahkan oleh Komisaris Sotheby divisi Asia, Patty Wong

Pria itu hanya mengaku ia hadir mewakili pihak lain. Yang akhirnya Sotheby pun membuka identitas si pembeli yaitu Isaac Wolf, perajin berlian dari New York. Wolf berencana mengganti nama berlian tersebut menjadi "The Pink Dream".

Lelang tersebut dilakukan memakai mata uang Swiss, franc. Berlian tersebut mulai ditawarkan mulai 48 juta franc dan terus naik sampai 67 juta franc. Sempat akan terjual namun tiba-tiba muncul penawaran lagi sebesar 68 juta franc dan akhirnya terjual.

Ditambah dengan pajak dan komisi, total harganya menjadi 76,32 juta franc atau setara dengan US$ 83,2 juta.

Kemarin pada lelang yang dilakukan di Swiss juga, sudah terjual berlian langka berwarna oranye senilai 29 juta franc dalam lelang yang digelar di Swiss.

"Jika tidak ada yang menawar lagi, 29 juta franc. Terjual!" kata pelelang dari rumah lelang Christie dalam acara lelang di hotel mewah Swiss yang dihadiri sekitar 200 orang kaya kemarin.

Harga lelang tersebut belum termasuk pajak dan komisi sebesar US$ 4,04 juta. Pria yang membeli berlian tersebut langsung berdiri dan meninggalkan ruangan diiringi tepuk tangan para tamu yang hadir di acara. 

Sumberku : finance.detik.com

No comments:

Post a Comment